Berantas Tambang Ilegal, Polda Jambi Tutup 1.403 Sumur Minyak Tanpa Izin

Azhari Sultan ยท Selasa, 28 September 2021 - 17:54:00 WIB
Berantas Tambang Ilegal, Polda Jambi Tutup 1.403 Sumur Minyak Tanpa Izin
Sumur minyak ilegal di Bungku, Kabupaten Batanghari, Jambi yang meledak beberapa waktu lalu. (Foto: Azhari Sultan)

JAMBI, iNews.id  - Polda Jambi telah menutup 1.403 sumur minyak ilegal di sejumlah wilayah. Tindakan itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan Polda Jambi memberantas aktivitas penambangan minyak tanpa izin (illegal drilling).  

"Seperti kebijakan saya dari awal, kita tidak ada toleransi sama sekali atas aktivitas ini," ujar Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Selasa (28/9/2021).

Penutupan ribuan sumur minyak ilegal itu berlangsung sejak 2020 hingga 2021. Rachmad menegaskan, pemberantasan aaktivitas illegal drilling menjadi prioritasnya sejak menjabat Kapolda Jambi.

Dari catatan Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi, pada tahun 2020 lalu telah dilakukan penutupan sebanyak 791 sumur. Kemudian tahun 2021 sebanyak 612 sumur minyak tanpa ijin.

Rachmad menambahkan, Polda Jambi sudah menyampaikan kepada Dirjen Migas untuk mengeluarkan peraturan terkait legalitas tambang di Jambi, yang mengacu pada aspek prinsip keamanan, kesehatan, hingga keselamatan lingkungan.

"Jadi harus sesuai dengan prinsip-prinsip keamanan, kesehatan, hingga keselamatan lingkungan, tidak asal-asalan. Jika masih ada yang bermain, seperti yang saya sampaikan tadi, tidak akan ada pandang bulu," ujar Rachmad.
 
Sebelumnya Polda Jambi telah menangkap seorang oknum polisi inisial DR yang berdinas di Polres Batanghari. DR diketahui sebagai pemodal dari sumur minyak yang meledak di Bungku, Batanghari pada 18 September 2021.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: