Bencana Banjir Landa 5 Kabupaten di Riau, 1 Orang Tewas

Antara ยท Kamis, 12 Desember 2019 - 14:13:00 WIB
Bencana Banjir Landa 5 Kabupaten di Riau, 1 Orang Tewas
Bencana banjir yang melanda lima kabupaten di Riau merenggut satu korban jiwa seorang bocah berusia enam tahun. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU, iNews.idBencana banjir akibat tingginya intensitas hujan di Provinsi Riau menenelan satu korban jiwa dan menggenangi lima daerah di wilayah tersebut. Korban merupakan seorang bocah berusia enam tahun.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, saat ini banjir melanda lima Kabupaten, yakni Rokan Hulu (Rohul), Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), Pelalawan dan Rokan Hilir (Rohil). Peristiwa ini disebabkan meluapnya sungai di daerah tersebut yang menggenangi ribuan rumah penduduk.

Dia mengatakan, korban meninggal merupakan warga Dusun Pelanduk, Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rohul. Almarhum tenggelam akibat terpeleset ketika bermain air banjir luapan sungai dan terbawa arus.

"Setelah dilakukan pencarian sekitar 30 menit, korban ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa. Tubuhnya tersangkut kayu yang berjarak 50 meter dari tempat kejadian awal," kata Edwar, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, banjir di Rohul sudah berlangsung selama 18 hari. BPBD setempat masih melakukan penanganan bencana banjir di Dusun Pelanduk yang masih terisolir dengan 133 kepala keluarga (KK) terdampak banjir, kemudian Desa Kota Intan ada 110 KK.

"Kondisi terkini air sudah surut lambat, sementara curah hujan di hulu masih tinggi," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini terus melakukan upaya membantu evakuasi barang milik warga yang mengungsi ke posko banjir. Selain itu juga mendata rumah warga terdampak banjir dan berkoordinasi dengan pemerintah desa maupun kecamatan setempat.

“Kami terus berkoordinasi, khususnya untuk memetakan lokasi dan mendata warga terdampak banjir," kata Hengky.

Editor : Donald Karouw