BBM Ilegal Ditemukan Lagi di Jalur Tikus Perbatasan NTT-Timor Leste

Sefnat Besie ยท Rabu, 12 Desember 2018 - 15:21:00 WIB
BBM Ilegal Ditemukan Lagi di Jalur Tikus Perbatasan NTT-Timor Leste
Temuan jeriken BBM yang diduga ilegal di jalur tikus perbatasan NTT-Timur Leste. (Foto: iNews/Sefnat Besie).

NAPAN, iNews.id - Petugas gabungan TNI-Polri, dari satuan pengamanan perbatasan Indonesia - Timor Leste di sektor barat menemukan 865 liter BBM ilegal siap edar melalui jalan tikus di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Personel dari Yonif Mekanis 741/GN dan petugas Polsek Miomaffo Timur menemukan BBM ilegal tersebut di dekat areal BSP 67/2008 CO. 6137-6383.

"Sementara, barang bukti dibawa ke Pos Napan Bawah dan akan diserahkan ke Mako Satgas Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN guna penyelidikan lebih lanjut," kata Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste, Mayor Inf Hendra Saputra, di lokasi penemuan BBM ilegal di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, TTU, NTT, Rabu (12/12/2018).

Di lokasi tersebut ditemukan tumpukan jeriken berisi BBM. Jenis premium sebanyak 60 jeriken dengan kapasitas 5 liter dan 6 jerikan kapasitas 20 liter. Kemudian, jenis solar 60 jeriken kapasitas 5 liter, 2 jeriken kapasitas 35 liter dan 1 jeriken kapasitas 15 liter.

Total untuk BBM jenis premium sebanyak 420 liter dan 445 liter jenis solar, sehingga totalnya sebanyak 865 liter.

"Bahan bakar minyak yang dikemas dalam jeriken tersebut hampir tidak diketahui, sebab sudah ditutup dengan daun-daun," ujar dia.

Namun para pelaku diduga telah melarikan diri saat mengetahui adanya patroli petugas TNI-Polri dari lokasi temuan. Pihaknya tentu akan mencari informasi lebih lanjut soal temuan ini dan mencari pelaku penyelundupan BBM.

"Terkait kejadian itu, dirinya memerintahkan kepada satuan bawah agar lebih intensif saat melaksanakan tugas guna mencegah hal–hal menonjol di wilayah masing-masing," ujar Hendra.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal