Bayi 6 Hari di NTB Positif Corona, Disebut Kasus Pertama di Indonesia

Harikasidi ยท Senin, 01 Juni 2020 - 23:01 WIB
Bayi 6 Hari di NTB Positif Corona, Disebut Kasus Pertama di Indonesia
Bayi berusia enam hari di NTB dinyatakan positif terinfeksi virus corona. (Foto: iNews/Harikasidi)

MATARAM, iNews.id – Bayi berusia enam hari di Nusa Tenggara Barat (NTB) dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Kasus tersebut diklaim sebagai pasien termuda dan merpukan kasus pertama di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dewi menjelaskan, kasus bayi terinfeksi corona sangat jarang terjadi dan mungkin menjadi kasus yang pertama di Indonesia.

“Kasus seperti ini sedikit sekali ditemukan di dunia dan belum bisa dipastikan terjadi penularan vertikal,” katanya, Senin (1/6/2020).

Nurhandini mengaku belum bisa memastikan apakah bayi itu tertular corona diluar proses kelahiran atau vertikal dari ibunya.
“Kami belum bisa menyimpulkannya,” ucapnya.

Nurhandini mengatakan, tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTB akan melakukan pertemuan dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan perkumpulan obstetric, serta ginekologi Indonesia (POGI) untuk membahas dan menentukan opsi terbesar bayi berusia 6 hari itu tertular Covid-19.

Dengan bertambahnya bayi berusia enam hari positif Covid- 19 menjadikan jumlah anak terinfeksi corona di NTB bertambah menjadi 87 anak.


Editor : Kastolani Marzuki