Banjir Terus Meninggi, Warga Sorolangun Jambi Mulai Mengungsi

Rudi Ichwan ยท Jumat, 22 Februari 2019 - 22:10 WIB
Banjir Terus Meninggi, Warga Sorolangun Jambi Mulai Mengungsi
Tim BPBD Sorolangun, Jambi melakukan patroli di Desa Pulau Pandan yang terendam banjir menggunakan perahu karet. (Foto: iNews.id/Ruci Ichwan)

SOROLANGUN, iNews.id – Ratusan warga Desa Pulau Panda, Kecamatan Limun, Kabupaten Sorolangun, Jambi terpaksa mengungsi akibat banjir dari luapan Sungai Batang Asi dan Batang Limun terus meninggi hingga mencapai satu meter.

Selain merendam perumahan warga, banjir juga memutus akses jalan yang menghubungkan dua kecamatan yakni, Limun dan Batang Asi. Puluhan pengendara yang terjebak banjir harus mendorong sepeda motor dan mobilnya akibat mati mesin.

Kepala Desa Pulau Pandan, John Jasmin mengatakan, warga desanya mulai panik karena ketinggian air luapan dua sungai itu terus mengalami kenaikan. “Sebagian warga memilih mengungsi dan sebagian lagi masih memilih tinggal di rumah masing-masing. Kita juga begadang untuk mengantisipasi jika air terus naik,” katanya, Jumat (22/2/2019).

Banjir yang terus meninggi membuat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun bersiaga di lokasi. Mereka juga menyisir tiap rumah warga dengan perahu karet untuk memastikan kondisi dan membantu warga yang akan mengungsi.

“Kita patroli ke rumah-rumah warga untuk memastikan keamanan dan membantu warga yang akan mengungsi,” katanya.

Banjir yang merendam Desa Pulau Pandan rutin terjhadi tiap tahun terutama jika curah hujan tinggi, terlebih desa tersebut dilalui dua aliran sungai besar, yakni Sungai Batang Asai dan Batang Limun.


Editor : Kastolani Marzuki