Banjir Rendam 2 Kecamatan di Sumbawa, BPBD Siagakan Personel

Aditya Pratama ยท Senin, 17 Februari 2020 - 22:48 WIB
Banjir Rendam 2 Kecamatan di Sumbawa, BPBD Siagakan Personel
Banjir di Desa Kalibuntu, Kecamatan Losari, Brebes pada Senin (17/2/2020). (Foto: iNews/Yunibar)

JAKARTA, iNews.idBanjir merendam dua kecamatan di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) setelah wilayah itu diguyur hujan deras, Senin (17/2/2020) sore. Dua kecamatan yang terendam banjir yakni, Lantung dan Rhee.

Saat ini, tim BPBD Kabupaten Sumbawa menyiagakan personel untuk mengantisipasi dampak atau kejadian lain yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan, BPBD terus memantau perkembangan dan mengawasi debit air di sungai-sungai di wilayah kabupaten.

“Berdasarkan informasi Pusdalops BPBD Kabupaten Sumbawa, hingga pukul 18.20 WIB hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Sumbawa,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (17/2/2020).

Agus mengatakan, banjir mulai menggenangi permukiman warga sekitar pukul 15.30 Wita. Ketinggian air di Desa Lantung mencapai kurang dari satu meter. Sedangkan di Desa Sepukur ketinggian banjir sebatas kolong rumah.

“Sekitar 32 unit rumah terdampak genangan banjir di dua desa tersebut. BPBD melaporkan tidak ada korban jiwa akibat banjir ini,” ujarnya.

Pantaun Pusdalops menyebutkan hujan lebat menggenangi jalan raya di Desa Luk, Kecamatan Rhee. Genangan air disebabkan meluapnya debit air sungai di wilayah desa itu.

BPBD Kabupaten Sumbawa memiliki call center 0371-2629579 atau operator pusdalops 082340145845  untuk merespons warga apabila membutuhkan bantuan di saat darurat.

Menghadapi potensi bahaya banjir, warga diimbau untuk selalu memonitor informasi peringatan dini BMKG dan informasi kesiapsiagaan dari BNPB dan BPBD.


Editor : Kastolani Marzuki