Banjir di Bungo Jambi, Ratusan Warga Mengungsi di Tengah Wabah Corona

Budi Utomo ยท Sabtu, 11 April 2020 - 01:07 WIB
Banjir di Bungo Jambi, Ratusan Warga Mengungsi di Tengah Wabah Corona
Sejumlah anak bermain air saat banjir melanda Desa Bedaro, Kabupaten Bungo, Jambi. (Foto: iNews/Budi Utomo)

BUNGO, iNews.id – Ratusan rumah warga di Desa Bedaro, Kecamatan Muko-Muko Bathin 7, Kabupaten Bungo, Jambi terendam banjir setelah hujan deras mengguyur wilayah itu, Jumat (10/4/2020).

Banjir tahunan tersebut terjadi di tengah mewabahnya virus corona. Warga pun terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Air mulai masuk ke rumah-rumah warga sekitar pukul 17.00 WIB.

Banjir yang dating tiba-tiba itu membuat sebagian warga tidak sempat menyelamatkan barang berharga dari rumah. Terlebih, ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa hingga merendam semua barang – barang seperti tv, kulkas, dan motor.

Kepala Desa Bedaro, Thoirin mengatakan, banjir terjadi selain tingginya curah hujan, juga meluapnya Sungai Batang Mampun.

Banjir tersebut merupakan bencana tahunan yang dialami warganya. “Dalam setahun bisa 2-3 kali banjir,” katanya.

Dia hanya berharap pemerintah kabupaten menyediakan perahu untuk mengungsikan warga jika hujan deras kembali mengguyur. “Sebagian warga sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, padahal sekarang sedang ada wabah corona,” ujarnya.  

Selain memaksa warga mengungsi, banjir juga memutus akses jalan desa menuju pusat kabupaten. Sehingga warga tidak dapat beraktivitas.

Kapolres Bungo, AKBP Trisaksono Puspo Aji mengaku sudah memerintahkan anggotanya agar siaga di wilayah yang terkena banjir untuk mengamankan jika terjadi luapan air yang lebih besar.

“Kita juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang terkena banjir. Untuk saat ini, jajaran Polres Bungo bersama pemerintahan kecamatan terus memantau perkembangan luapan debit air dari Sungai Mumpun. Jika kembali air meluap lebih besar semua warga akan dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki