Banjir Bandang Terjang Konawe Utara, Puluhan Rumah Warga Rusak

Febriyono Tamenk ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 16:22 WIB
Banjir Bandang Terjang Konawe Utara, Puluhan Rumah Warga Rusak
Banjir bandang akibat hujan deras berjam-jam menerjang Desa Puusuli, Kecamatan Andowia,Konawe Utara, Kamis (27/2/2020). (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KONAWE UTARA, iNews.id - Banjir bandang menerjang Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Kamis (27/2/2020). Bencana itu terjadi setelah hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah itu selama empat jam.

Akibat kejadian itu, puluhan rumah warga rusak parah diterjang banjir lumpur. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam bencana itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, banyak warga yang kehilangan harta benda akibat terbawa arus.

Pemkab Konawe Utara sudah mengerahkan satu alat berat untuk membersihkan material lumpur dan kayu yang menyumbat di aliran sungai. akibat banjir banyak warga yang kehilangan harta benda akibat terbawa arus.

Warga Desa Puusuli, Laserung mengatakan, banjir bandang itu berasal dari pegunungan setelah diguyur hujan deras disertai angin kencang selama empat jam.

“Material lumpur yang terbawa arus kemudian masuk ke permukiman warga dan merusak rumah-rumah,” katanya.

Menurut Laserung, akibat banjir lumpur itu banyak barang milik warga yang tidak dapat diselamatkan. “Banjir baru mulai surut Kamis dini hari. Warga langsung membersihkan rumah mereka dari material lumpur,” katanya.

Laserung menduga banjir yang terjadi kali ini akibat maraknya penebangan liar dan pembukaan lahan pertambangan di hulu sungai.

Banjir bandang sebelumnya menerjang warga Konawe Utara pada Juni 2019 lalu. Saat ini, ratusan warga menempati rumah hunian sementara yang dibuatkan pemerintah.


Editor : Kastolani Marzuki