Banjir Bandang di Lebak, Bupati: Seumur Hidup Saya Baru Alami yang Seperti Ini

Iskandar Nasution ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 13:19 WIB
Banjir Bandang di Lebak, Bupati: Seumur Hidup Saya Baru Alami yang Seperti Ini
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat meninjau lokasi terdampak banjir bandang. (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

LEBAK, iNews.id - Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya masih tak percaya dengan banjir bandang yang menerjang wilayahnya. Dia mengaku, ini baru kali pertamanya selama hidup melihat banjir besar tersebut.

"Ini bukan banjir biasa. Tidak pernah seumur saya hidup, saya baru mengalami, terutama selama saya menjabat, baru mengalami bencana yang parah ini," ujar Iti Oktavia Jayabaya, saat meninjau salah satu jembatan di Lebak, Kamis (2/1/2020).

BACA JUGA: Banjir Bandang di Lebak Banten, 8 Warga Hilang Terseret Arus dan Tertimbun Longsor

Data yang dia peroleh, ada di lima kecamatan terdampak banjir yakni di Kecamatan Sajira, Lebak Gedong, Cipanas, Curug Bitung dan Kecamatan Maja.

Menurutnya, bencana alam ini disebabkan adanya penggundulan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat. Fungsi pepohonan di hutan sudah tak mampu menyerap air sehingga menimbulkan banjir.

BACA JUGA: Banjir di Lebak Banten, Ribuan Warga Korban Bencana Butuh Bantuan Makanan dan Pakaian

"Kalau perkiraan saya ini gunung yang sudah tidak ada pohon. Sudah tidak bisa menahan lagi. Jadinya berimbas pada banjir dan longsor. Inikan hujan enggak terus-terusan, beberapa jam berhenti langsung surutkan,"  katanya.

Dia menambahkan, banjir bandang ini juga menyebabkan ribuan warga mengungsi. Selain itu akses delapan jembatan putus, bangunan sekolah, rumah ibadah serta ratusan rumah warga rusak parah.


Editor : Nani Suherni