Pengedar Narkoba Antarprovinsi Ditangkap di Bangka Barat, Polisi Sita 3 Kg Sabu

Haryanto ยท Rabu, 30 Oktober 2019 - 12:19 WIB
Pengedar Narkoba Antarprovinsi Ditangkap di Bangka Barat,  Polisi Sita 3 Kg Sabu
Detik-detik penangkapan bandar narkoba di Bangka Belitung dengan barang bukti 3 kilogram sabu-sabu. (Foto: iNews.id/Haryanto)

BANGKA BARAT, iNews.id - Tim gabungan Dit Narkoba Polda Bangka Belitung, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea Cukai meringkus bandar narkoba antar provinsi di Pelabuhan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Dari tangan, diamankan barang bukti sabu-sabu seberat tiga kilogram yang dibungkus teh china.

Awaludin (40) ditangkap saat turun dari kapal penyeberangan rute Palembang tujuan Muntok. Saat digeledah, petugas menemukan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu yang disimpan dalam bungkus teh china. Ada tiga paket besar dengan berat masing-masing satu kilogram.

Tersangka mengaku, barang haram ini akan diedarkan di wilayah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Modusnya, dia akan menaruh sabu-sabu tersebut di suatu tempat sesuai perjanjian dengan orang yang akan membelinya, tanpa bertemu langsung dengan pemesan.

Untuk satu kilogram sabu-sabu yang berhasil diberikan kepada pemesan, pelaku yang juga residivis kasus percobaan pembunuhan ini dijanjikan upah Rp25 juta oleh pemilik barang.

BACA JUGA: Dua Pengedar Narkoba Dibekuk Polres Pasaman Barat Sumbar dalam 1 Malam

“Saya tidak tahu barang itu mau diserahkan kepada siapa dan dari mana asal barang itu,” katanya kepada wartawan, Selasa (29/10/2109).

Sementara menurut Dirnarkoba Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Mirzal Alwi, penangkapan pelaku ini berdasarkan profiling information. Artinya, petugas sudah mengetahui data-data orang-orang dan barang-barang yang masuk, termasuk siapa yang sering bolak-balik, profil pengguna dan juga wilayah mana yang sering dijadikan tujuan pengiriman narkoba.

“Kita bisa lihat, misalnya siapa yang sering bolak-balik ke Palembang, dan kota yang sering dijadikan tujuan yakni Kota Muntok,” kata Mirzal.

Kini, tersangka diamankan di Mapolda Bangka Belitung guna pengembangan lebih lanjut sekaligus mengungkap jaringan pengedar lainnya. Dia akan dikenakan Undang-Undang tentang Penyalahgunaan Narkotika dan terancam hukuman hingga seumur hidup.

Setelah dipastikan keasliannya, sabu-sabu ini langsung dimusnahkan dengan cara diblender dan dibuang.


Editor : Umaya Khusniah