Balas Propaganda Hamas, Israel Kembali Lancarkan Serangan ke Wilayah Palestina

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:50 WIB
Balas Propaganda Hamas, Israel Kembali Lancarkan Serangan ke Wilayah Palestina
Ledakan akibat serangan Israel ke wilayah Palestina (foto: AFP)

GAZA, iNews.id - Tentara Israel melancarkan serangan terbaru ke wilayah Palestina yang diduga fasilitas operasi milisi Hamas menyusul propaganda balon berisi bahan peledak ke perbatasan Israel-Palestina.

Tentara Israel dalam pernyataan resminya pada Kamis (13/8/2020) mengatakan serangan mereka tepat menghancurkan "basis militer, infrastruktur bawah tanah serta pos pengataman" di Gaza, Palestina. Selain itu, serangan juga memporak-porandakan "tentara angkatan laut Hamas".

"Serangan sebagai bentuk respons kiriman balon-balon berpeledak dan kebakaran di Jalur Gaza wilayah Israel akibat balon berbahan kimia dalam seminggu terakhir. Kami menganggap Hamas bertanggung jawab," demikian pernyataan Israel dikutip dari Aljazeera.

Puluhan balon helium berisi bahan kimia mudah terbakar diterbangkan dari Gaza di Palestina dalam beberapa hari terakhir dalam upaya menekan Israel melonggarkan blokade di Jalur Gaza. Pembukaan blokade memungkinkan berjalannya proyek ekonomi baru di Palestina.

Sebelumnya, Israel yang menganggap Hamas sebagai keamanan nasional menutup perlintasan komersial utama di Jalur Gaza serta menyerang fasilitas militer milisi tersebut menggunakan jet tempur, helikopter dan tank.

Sumber keamanan di Gaza mengatakan kepada AFP, bahwa serangan udara Israel juga menyebabkan sejumlah kerusakan infrastruktur bangunan milik warga sipil di Rafah di kawasan selatan serta Beit Hanoun di utara. Akan tetapi tidak ada korban luka maupun tewas dalam serangan tersebut.


Editor : Arif Budiwinarto