Awan Tsunami di Pangkalan Bun, Warga Khawatir Pertanda Buruk

Sigit Dzakwan Pamungkas ยท Sabtu, 09 Februari 2019 - 18:58:00 WIB
Awan Tsunami di Pangkalan Bun, Warga Khawatir Pertanda Buruk
Penampakan awan berbentuk tsunami di Pangkalan Bun. (Foto: iNews/Sigit).

PANGKALANBUN, iNews.id - Awan hitam berbentuk tsunami di langit kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, menggegerkan warga. Fenomena alam ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB dan bisa dilihat dari seluruh penjuru daerah tersebut.

Warga pun ramai-ramai mengabadikan momen langka itu dengan kamera telepon seluler (HP) mereka. Gumpalan di langit yang disebut awan kumulonimbus ini terlihat selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, hujan deras mengguyur Kabupaten Kobar.

"Kemunculan awan tsunami di Pangkalan Bun," kata seorang warga di balik rekaman video yang mendokumentasikan fenomena tersebut, di Kecamatan Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar, Kalteng, Sabtu (9/2/2019).

Meski sebagian takjub pemandangan tersebut, ada juga warga yang merasa ketakutan. Karena, dia khawatir, kemunculan awan tersebut bisa menjadi pertanda buruk. Sebagian dari mereka percaya kalau fenomena semacam ini akan menjadi tanda musibah.

"Ya Allah, mengerikan sekali awannya," ujar seorang lagi di balik rekaman kamera HP-nya.

Peristiwa semacam ini pernah juga melanda Bandara Hasanudin Makassar pada awal Januari 2019 lalu. Selang beberapa pekan, daerah tersebut kemudian dilanda bencana banjir. Karena itulah warga merasa khawatir dengan kemunculan awan tsunami tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal