ART Difabel Diduga Disetubuhi Majikan hingga Melahirkan Bayi Perempuan

Sefnat Besie ยท Jumat, 30 November 2018 - 14:23 WIB
ART Difabel Diduga Disetubuhi Majikan hingga Melahirkan Bayi Perempuan
Rony Bia (23) penyandang disabilitas yang diduga dihamili majikannya hingga melahirkan bayi perempuan. (Foto: iNews/Sefnat Besie)

SOE, iNews.id - Seorang perempuan difabel (tuli dan bisu), Rony Bia (23), yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga diduga dihamili majikannya. Perempuan asal Desa Oinlasi, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur itu pun akhirnya melahirkan seorang bayi perempuan.

“Awalnya mengeluh sakit perut, jadi saya bawa ke puskesmas. Terus hasil pemeriksaan ternyata hamil. Jadi dirujuk ke rumah sakit dan melahirkan anak perempuan. Kami tanya siapa yang menghamili, si Rony hanya pakai isyarat di tempat cuci pakaian,” kata Yuliana Tefa, tetangga korban, Jumat (30/11/2018).

Para tetangga curiga, majikan Roni yang menjadi penyebab hamilnya perempuan penyandang disabilitas ini. Sehari-hari, Rony Bia bekerja sebagai tukang cuci pakaian untuk menghidupi ibunya yang juga menderita cacat fisik atau lumpuh sehingga hanya terbaring di tempat tidur.

Saat berada di ruang bersalin Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soe, Rony dijenguk para tetangganya. Termasuk Ketua Penyandang Cacat Kabupaten Timor Tengah Selatan Ima Nuban.

Melihat penderitaan yang dialami wanita penyandang disabilitas ini, Ima Nuban berencana mengadukan kasus ini ke pihak berwajib, sebab kaum difabel juga perlu mendapat perlindungan.


“Kami akan mendekati pihak keluarga korban dan membawa masalah ini ke pihak berwajib. Kaum disabilitas juga punya hak yang sama seperti warga lainnya. Kami minta stop eksploitasi seksual terhadap penyandang disabilitas,” ucap Ima Nuban.


Editor : Himas Puspito Putra