AP I Bandara Samrat Mulai Buka Posko Nataru
MANADO, iNews.id – Menghadapi Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado secara resmi membuka Posko Nataru (Natal dan Tahun Baru), Senin (18/12/2017) pagi.
Posko Nataru Bandara Samrat terbagi atas posko pengamanan dan pelayanan, posko monitoring data, serta posko kesehatan. Selain pembukaan posko, Bandara Samrat juga telah melakukan berbagai persiapan, seperti mendekorasi suasana bandara dengan tema Natal hingga perbaikan fasilitas di area terminal.
Berbagai perbaikan dan tambahan fasilitas yang telah rampung di antaranya, fasilitas kursi roda bagi penumpang berkebutuhan khusus dan taman landscape dengan konsep ruang terbuka yang terletak di tengah area parkir kendaraan roda empat. Kemudian, pemasangan monitor Flight Information Display System (FIDS) berukuran besar yang semakin memudahkan penumpang dan penjemput untuk memantau status penerbangan secara real time.
Selanjutnya, penggunaan digital signage untuk memberikan kemudahan bagi penumpang menemukan lokasi tenant atau fasilitas bandara. Penggantian lantai keramik di gedung terminal yang telah memasuki tahap penyelesaian dan menyediakan 40 unit single sofa berwarna cerah pada area ruang tunggu.
“Posko ini mulai beroperasi pada H-7 sampai H+7, yaitu per tanggal 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018,” ujar General Manager Bandara Samrat Manado Minggus Gandeguai.
Dia mengatakan, posko berada di publik area, di antaranya lobi keberangkatan dan kedatangan. Dengan begitu, dalam pelaksanaannya dapat terlihat dan mudah dijangkau oleh pengguna jasa bandar udara, penumpang, maupun penjemput. Posko ini akan berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
“Setiap hari akan ada petugas gabungan yang memberikan informasi kepada posko pusat. Mereka memiliki tugas utama memberikan pelayanan dalam rangka memperlancar arus mudik dan arus balik bagi para penumpang dengan mengawasi pelaksanaan persiapan, pemantauan dan pengendalian dan evaluasi Angkutan Udara Nataru di Bandara Sam Ratulangi,” katanya.
Minggus menambahkan, aktivitas posko akan berlangsung selama 22 hari. Posko ini melibatkan 69 personel yang terbagi dalam tiga shift. Adapun personel posko terdiri dari pihak internal Angkasa Pura I (Persero), pihak eksternal seperti Otoritas Bandara, personel dari TNI-Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Penyelenggaraan posko ini untuk kelancaran arus penumpang di sisi darat, terminal, dan sisi udara. Posko akan terus memantau untuk memastikan tingkat keselamatan, keamanan serta pelayanan selama musim mudik ini,” ujar Minggus.
Editor: Himas Puspito Putra