Antisipasi Banjir Makin Parah, Bupati Landak Minta Warga Mengungsi

Uun Yuniar ยท Senin, 18 Februari 2019 - 17:38 WIB
Antisipasi Banjir Makin Parah, Bupati Landak Minta Warga Mengungsi
Bupati Landak, Karolin Margaret Natasha, mengunjungi pos pengungsi banjir. (Foto: iNews/Uun Yuniar).

LANDAK, iNews.id - Bupati Landak, Karolin Margaret Natasha, mengunjungi pos pengungsi banjir yang menampung 88 jiwa di Pos Koramil Sebelas, Kecamatan Ngabang. Puluhan warga di sana mengeluhkan stok sembako dan selimut untuk tidur.

"Kalau untuk stok makanan, kami sudah anggarkan. Namun kami juga meminta bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar untuk kebutuhan lain seperti selimut dan perlengkapan lainnya," kata Karolin di lokasi pengungsian, Kabupaten Landak, Kalbar, Senin (18/2/2019).

Tiga kecamatan di Kabupaten Landak terendam banjir. Tingginya intensitas hujan di daerah tersebut membuat sejumlah sungai meluap dan menggenangi permukiman warga sejak dua hari terakhir atau Sabtu (16/2/2019) lalu.

Karolin meminta, petugas di lapangan mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat yang terkena musibah banjir. Terkait sejumlah warga yang masih berada di rumahnya, BPBD Landak diharapkan segera mengevakuasi mereka.

"Masyarakat yang masih bertahan di rumah, segera mendatangi posko pengungsian. Karena kondisi cuaca saat ini masih memungkinkan air semakin naik," ujar dia.

Banjir di Kabupaten Landak meliputi lima desa di Kecamatan Ngabang, lima desa di Kecamatan Kuala Behe dan tiga desa di Kecamatan Air Besar. Pemkab juga sudah menetapkan status darurat bencana sejak banjir melanda wilayah tersebut.

Hingga saat ini sejumlah titik masih terendam banjir bahkan sejumlah tempat vital seperti kantor polisi juga terendam banjir. Selain itu, intensitas hujan yang masih tinggi dikhawatirkan akan membuat potensi banjir bisa semakin parah.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal