Ambulans Tak Muat, RSUD Palangkaraya Angkut Wanita 350 Kg Pakai Pikap

Ade Sata ยท Kamis, 10 Januari 2019 - 18:11 WIB
Ambulans Tak Muat, RSUD Palangkaraya Angkut Wanita 350 Kg Pakai Pikap
Titi Wati (37) wanita berbobot 350 kg akan dievakuasi ke RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya menggunakan mobil pikap. (Foto: iNews.id/Ade Sata)

PALANGKARAYA, iNews.id – Evakuasi Titi Wati (37), wanita berbobot 350 kg ke RSUD Doris Sylvanus Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah harus dilakukan dengan mobil khusus.

Sebab, semua ambulans yang dimiliki rumah sakit tidak ada yang mampu memuat tubuh besar ibu satu anak dan satu cucu itu. Selain itu, tim RSUD juga harus menjebol pintu atau jendela untuk mengeluarkan Titi dari rumahnya.

Humas RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya, dokter Theodorus Atmadja mengatakan, pihak RSUD sudah menyiapkan mobil pikap untuk membawa Titi ke rumah sakit. “Kita evakuasi besok mudah-mudahan pakai pikap bisa karena mobil ambulans kita tidak ada yang muat untuk pasien tersebut,” kata Theodorus, Kamis (10/1/2019). 

Titi rencananya dievakuasi ke rumah sakit pada Jumat (11/1/2019) pagi untuk menjalani tindakan medis agar berat tubuhnya bisa kembali normal.

Ditemui di rumahnya Jalan Giobos, Gang Bima, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Palangkaraya, Titi Wati hanya bisa terbaring. Dibantu sang putri Herlina yang setiap hari menamaninya, Titi Wati menjalani terapi sederhana dengan cara menggerak-gerakkan tangannya secara perlahan.

Dengan bobotnya yang sekarang, Titi Wati mengaku sangat sulit untuk beraktivitas. Pernapasannya juga mulai sesak karena harus tengkurap secara terus-menerus di tempat tidur. ”Iya semakin hari semakin berat, bergerak miring agak susah. Kalau bernapas juga agak sesak,” kata Titi Wati.

Diketahui, Titi Wati mengalami obesitas sejak 2013 lalu akibat sering makan gorengan dan minum es. Sejak itu, berat badannya terus meningkat drastis hingga bobotnya mencapai 350 kg.


Editor : Kastolani Marzuki