Alumni Akabri 1989 Gelar Rapid Test dan Bagi Sembako di Tanjung Pasir Banten

Riezky Maulana · Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:25 WIB
Alumni Akabri 1989 Gelar Rapid Test dan Bagi Sembako di Tanjung Pasir Banten
Alumni Akabri 1989 menggelar bakti sosial di Desa Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang, Banten, Sabtu (15/8/2020). Baksos antara lain diisi dengan pembagian paket sembako dan rapid test gratis untuk warga. (Foto: iNews.id/Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Tahun 1989 turut berkontribusi mencegah penyebaran Covid-19. Melalui bakti sosial di Desa Tanjung Pasir, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten Sabtu (15/8/2020), mereka menggelar tes cepat atau rapid test gratis kepada warga.

Ketua Alumni Taruna 89 Mayjen TNI Rudianto menuturkan, dalam kegiatan ini dibagikan 12.000 paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Kendati demikian, tidak keseluruhan untuk masyarakat Desa Tanjung Pasir, melainkan didistribusikan ke wilayah pesisir lain.

"Pada hari ini kita melakukan bakti sosial pembagian 12.000 paket sembako yang akan didistribusikan keenam wilayah pesisir yaitu Banten, Cirebon, Cilacap, Tegal, Kupang, Kepulauan Seribu, dan Sorong," kata Rudianto di sela-sela baksos di Desa Tanjung Pasir. Baksos ini mengangkat tema “Pengabdian TNI-Polri Akabri 89, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit”.

Dia menuturkan, selain bantuan paket sembako, Alumni Akabri 1989 juga turut menyelenggarakan penyuluhan Covid-19 yang dilakukan Danyonkes 1 Marinir Pasmar. Setelahnya, para warga dipersilahkan untuk melakukan rapid test tanpa dipungut biaya alias gratis.

Dalam sosialisasi ini ternyata diketahui banyak warga yang kurang paham atas dampak negatif Covid-19. Mereka ada yang belum tahu bagaimana penularan, pencegahan serta tindak lanjut jika ditemukan kasus positif.

Untuk itulah, kata dia, kehadiran baksos ini menjadi sangat penting, terutama sebagai upaya pengendalian Covid-19. Dari pemahaman ini diharapkan semakin banyak masyarakat sadar untuk bersama-sama mencegah.

"Kegiatan yang kami lakukan pada hari ini mungkin tidak besar, tidak banyak, tetapi paling tidak membantu masyarakat. Pertama, agar mereka memahami, kedua memberikan solusi, ketiga membantu yang mengalami dampak pandemi Covid-19 dengan pemberian sembako,” ucapnya.


Editor : Zen Teguh