Air Mineral Galon Oplosan Beredar di Cilegon dan Serang, 5 Pelaku Ditangkap

Iskandar Nasution ยท Sabtu, 23 Juli 2022 - 15:25:00 WIB
Air Mineral Galon Oplosan Beredar di Cilegon dan Serang, 5 Pelaku Ditangkap
Polres Cilegon menangkap lima pelaku pemalsuan air mineral galon. (Foto: iNewsTV/Iskandar Nasution)

CILEGON, iNews.id - Polisi menangkap lima pelaku pemalsuan air mineral galon di Cilegon, Banten. Pemalsuan itu telah berjalan selama dua tahun.

Kelima pelaku yakni MB, SD, TH, YR dan SM. Mereka memalsukan air mineral galon merek ternama dengan cara mengisi dengan air mineral isi ulang.

Selama dua tahun mengoplos air mineral galon merek ternama ini mereka menghasilkan keuntungan hingga Rp28 juta per bulan.

Perbuatan mereka terendus berkat laporan konsuman. Mereka ditangkap di Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon pada pekan lalu.

"Galon yang asli nomor register di galon harus sesuai dengan yang di galon," tutur Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Eko, para pelaku bisa mengoplos hingga 2.500 galon dalam satu bulan. Galon berisi air mineral oplosan itu beredar di Kota Cilegon dan Kota Serang.

Polisi masih memburu satu pelaku yang menyediakan tutup botol dan tisu basah pembersih galon.

Atas perbuatannya, keempat pelaku dijerat berlapis, yakni Pasal 62 ayat 1 dan Pasal 55 ayat 1 KUHP. Pasal 8 ayat 1 Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 dan Pasal 143 juncto Pasal 99 Undang-Undang Pangan Nomor 18 Tahun 2012.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: