500 Gram Sabu Gagal Diselundupkan ke NTB, Petugas Tangkap 3 Perempuan

Harikasidi ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:31 WIB
500 Gram Sabu Gagal Diselundupkan ke NTB, Petugas Tangkap 3 Perempuan
Petugas BNNP NTB menggagalkan penyelundupan 500 gram sabu yang dibungkus permen coklat. (Foto: iNews/Harikasidi)

MATARAM, iNews.id - Penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 500 gram dari Batam, Kepulauan Riau yang dikemas dalam permen coklat digagalkan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB, Selasa (4/8/2020). Dari penggagalan itu, petugas menangkap tiga perempuan.

Kepala BNNP NTB, Brigjen Pol Gede Sugianyar Dwi Putra mengatakan, modus penyelundupan sabu –sabu yang dibungkus dalam permen coklat tergolong modus baru.

“Keberhasilan petugas mengungkap kasus ini berkat laporan petugas jasa ekspedisi yang curiga barang yang sempat diantar ke alamat di Jalan Merdeka Raya Nomor 4 Pagesangan mataram tidak bersedia diterima oleh pemilik rumah. Sebab, pemilik rumah merasa tidak mengenal nama pengirim barang asal Batam,” katanya.

Dari penyelidikan petugas, barang haram tersebut merupakan milik YM warga Dompu yang sengaja dikirim langsung melalui Batam dengan alamat penerima palsu di Kota Mataram.

“YM ini diketahui memiliki usaha salon di daerah Batam. Saat ini, suaminya ditahan di Rutan Selong dengan kasus serupa,” katanya. 

Hasil pengembangan, kata Sugianyar petugas BNNP NTB kemudian mengadang mobil dan barang bawaan milik YM yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Kayangan Lombok Timur menuju Pelabuhan Pototano Sumbawa.

“Dari pengadangan itu, petugas mendapati sabu-sabu yang dibungkus permen coklat,” ujarnya.

Terkait keterlibatan dua perempuan lainnya dalam kasus itu, Sugianyar mengatakan, kedua perempuan berinisial BE dan ER tidak terlibat langsung dalam kasus penyelundupan sabu.

“Mereka ini merupakan orang suruhan YM untuk mengambil barang haram tersbut di jasa pengiriman  barang dan diminta untuk mengantarkannya ke Dompu menggunakan kapal laut,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki