5 Pelajar Gerayangi Siswi SMK di Bolaang Mongondow Ditangkap Polisi

Okezone ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 18:45 WIB
5 Pelajar Gerayangi Siswi SMK di Bolaang Mongondow Ditangkap Polisi
Ilustrasi pelecehan. (Foto: Istimewa)

BOLAANG MONGONDOW, iNews.id – Lima pelajar SMK di Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diamankan polisi karena diduga melakukan pelecehan seksual kepada salah seorang siswi di sekolah itu. Aksi mereka direkam dan viral di media sosial.

Dalam video viral berdurasi 26 detik itu, seorang siswi yang diketahui korban berinisial RG berpakaian seragam sekolah putih abu-abu tampak berada di dalam kelas. Tangan dan kakinya dipegangi oleh sejumlah pelajar lain. Para pelaku kemudian menggerayangi tubuh korban. Video ini mendapat kecaman keras netizen karena dinilai sangat tidak pantas.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, lima pelajar yang diamankan terdiri atas tiga pelajar laki-laki dan dua pelajar perempuan. Adapun kelima pelajar terduga pelaku pelecehan seksual tersebut yakni, FL, RM, dan NP. Ketiganya laki-laki. Kemudian, dua pelajar lainnya perempuan, yakni NR dan PN.

“Umurnya rata-rata 16 sampai 17 tahun untuk korban dan pelaku. Korbannya RG. Statusnya pelajar,” ujar Jules.

Jules menjelaskan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan setelah video pelecehan seksual tersebut viral di media sosial. Setelah diselidiki, polisi langsung bergerak cepat usai mendapatkan lokasi dan para terduga pelaku.

“Tadi pagi diamankan. Setelah beredar viral sejak semalam, sudah dilakukan penelusuran video tersebut. Penyelidikan kami ketahui bahwa diduga pelaku maupun korban bersekolah di salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow,” kata Jules.

Atas perbuatannya, para pelajar terduga pelaku itu disangka melanggar Pasal 82 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. “Ancaman hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun,” kata Jules.


Editor : Maria Christina