5 Cabup-Cawabup Morowali Perang Visi Misi di Debat Terbuka

Kastolani · Jumat, 27 April 2018 - 20:37:00 WIB
5 Cabup-Cawabup Morowali Perang Visi Misi di Debat Terbuka
Lima paslon Cabup-Cawabup Morowali mengikuti debat terbuka kedua yang disiarkan langsung stasiun televisi iNews di Gedung Serbaguna Ahmad Hadie, Morowali, Sulteng. (Foto: iNews.id)

MOROWALI, iNews.id – Debat terbuka kedua pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) berlangsung seru. Panggung debat menjadi ajang pertarungan visi dan misi para calon di Pilbup Morowali 2018 itu.

Debat terbuka Pilbup Morowali 2018 kedua ini mengundang lima pasangan calon, yakni Taslim-H Najmudin (Tahajud) nomor urut 1, Ambo Dalle-Aminudin Awaludin (Adam ber Amal) nomor urut 2, Syarifudin Hafid-Chaerudin N Zen (SAH) nomor urut 3, H Silahudin Karim-Sunardin Firdaus (I Love Morowali) nomor urut 4, dan Hari Nunu-Ismail Suaib (Harisma) nomor urut 5.

Paslon nomor urut 1, Taslim-H Najmudin (Tahajud) yang didukung Partai Perindo misalnya menyoroti keterlambatan dalam pelayanan masyarakat, seperti pembayaran dana desa, dana pihak ketiga, dan tenaga honorer. Selain itu, masih terjadinya pungutan liar di Kabupaten Morowali menjadikan daerah ini semakin tertinggal dari kabupaten/kota lain di Sulteng.

“Jika kami mendapat amanah, kami akan perbaiki semua sistem yang tidak maksimal selama ini. Kami juga akan memperbaiki sarana infrastruktur yang belum merata,” kata Cabup Taslim  dalam debat kandidat yang disiarkan langsung stasiun televisi iNews di Gedung Serbaguna Ahmad Hadie, Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah, Morowali, Sulteng, Jumat (27/4/2018).

Pasangan nomor urut 2, Ambo Dalle-Aminudin Awaludin menyoroti ketertinggalan Morowali dari daerah lain di Sulteng. Ambo Dalle mengatakan bersama pasangannya, Aminuddin Awaludin terpanggil untuk membangun Morowali agar lebih baik lagi.

Pasangan ini menjanjikan Morowali akan jadi poros di Sulteng. Mereka akan membenahi sektor pendidikan dengan memperbaiki sistem pendidikan dan membuat Kartu Cerdas Morowali (KCM). Di sektor kesehatan, pasangan ini menjanjikan akan membuat pelayanan kesehatan dengan menyediakan obat, serta pelayanan kesehatan di darat dan laut.

“Kami akan buat  pelayanan jemput bola dan ketersediaan air bersih hingga ke pelosok pulau. Selain itu, menyediakan 10.000 rumah layak huni bagi warga tidak mampu, serta membangun infrastruktur listrik dan telekomunikasi di tiap kecamatan,” kata Ambo Dalle.

Sedang pasangan nomor urut 3, Syarifudin Hafid-Chaerudin N Zen (SAH) menjanjikan pembangunan berkesinambungan sebagai jawaban dan solusi morowali ke depan dengan banyaknya persoalan yang ada sekarang. “Kami juga akan membenahi ketimpangan di semua sektor, pelayanan kesehatan yang belum maksimal, dan menekan angka kemiskinan serta pengangguran. Ini yang jadi konsen pasangan kami,” katanya.

Pasangan ini juga akan membangun layanan informasi dengan membangun jaringan listrik hingga ke desa, serta layanan kesehatan satu dokter satu desa. “Puskesmas rawat inap juga akan kami bangun tiap kecamatan. Beasiswa SD-SMA dan penambahan dana beasiswa bagi mahasiswa dari Rp3 juta jadi Rp9 juta per tahun. Selain itu, penyiapan 5.000 angkatan kerja dan pembinaan 5.000 usahawan muda dengan membentuk klinik bisnis bagi pengusaha muda,” ujar Chaerudin.

Pasangan nomor 4, Silahudin Karim-Sunardin Firdaus menyampaikan pembenahan perencanaan daerah dan menciptakan lapangan kerja. “Kami juga akan membuat petani plasma kelapa sawit dan memerhatikan yatim piatu,” kata Silahudin.

Adapun pasangan nomor 5, Hari Nunu-Ismail Suaib (Harisma) menjanjikan masyarakat Morowali yang maju dan sejahtera berbasis sumber daya alam (SDA). “Kami juga akan menempatkan pejabat sesuai kompetensinya. Tidak seperti sekarang yang terkesan asal-asalan. Perbaikan infrastruktur untuk mengejar ketertinggalan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat juga jadi prioritas kami,” tandas Haris.

Editor : Kastolani Marzuki