49 Anggota Petugas Gabungan Dikerahkan Cari Nelayan Hilang di Buton Utara

Antara · Jumat, 21 Mei 2021 - 13:58:00 WIB
49 Anggota Petugas Gabungan Dikerahkan Cari Nelayan Hilang di Buton Utara
Tim SAR gabungan Basarnas Kendari Pos SAR Baubau saat operasi pencarian nelayan bernama La Mpedu (53) yang hilang saat memancing ikan di perairan antara Pantai Wonua Ndoke dan Pantai Sumalu, Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara. Foto: Antara

KENDARI, iNews.id - Sebanyak 49 petugas gabungan dikerahkan untuk mencari nelayan, La Mpedu (53), yang hilang di antara perairan Pantai Wonua Ndoku dan Sumalu, Desa Lantagi, Buton Utara. La Mpedu sudah hilang selama empat hari sejak pergi memancing di perairan tersebut.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, mengatakan petugas memutuskan untuk mencari La Mpedu setelah dalam beberapa terakhir tidak menemukan tanda-tanda. Personel gabungan yang dikerahkan terdiri dari Pos SAR Baubau, Polres Butur, Tim Reaksi Cepat BPBD Butur, Koramil Kulisusu, Babinsa, Polair Butur, keluarga dan masyarakat nelayan setempat.

"Belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali pagi ini pukul 06.30 Wita," kata Aris, Jumat (21/5/2021).

Pihaknya mengerahkan alat rescue car sebanyak satu unit, satu unit perahu karet milik Basarnas dan 10 buah perahu milik nelayan setempat. Kondisi cuaca selama masa pencarian cerah berawan dengan kecepatan angin 2-20 knots, tinggi gelombang 0,5 - 2 meter.
 
La Mpedu merupakan nelayan yang berasal dari Bonelipu Pantai, Desa Malalanda, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara. Korban pergi memancing menggunakan perahu di perairan antara Pantai Wonua Ndoke dan Sumalu, Desa Lantagi, Kabupaten Buton Utara pada Senin (17/5/2021) sekitar pukul 03.00 Wita.

Seorang nelayan, Jahili pada pukul 15.30 Wita, menemukan perahu yang digunakan korban sekitar 300 meter dari daratan di Tanjung Goram. Namun, korban tidak ada di dalam perahu tersebut.

Jahili memutukan membawa perahu korban lalu menginformasikan kepada istri dan keluarga korban. Selanjutnya keluarga memutuskan untuk melaporkan orang hilang ke Reskrim Polres Buton Utara Iptu Sunarto Hafala pukul 21.15 Wita

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: