48 ASN Jadi Korban Lion Air, Babel Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Antara, Sindonews ยท Selasa, 30 Oktober 2018 - 15:29:00 WIB
48 ASN Jadi Korban Lion Air, Babel Kibarkan Bendera Setengah Tiang
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat menguatkan para keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air di Bandara Depati Amir. (Foto: Okezone)

PANGKALPINANG, iNews.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman memastikan ada 48 aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di wilayahnya menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jabar, Senin (29/10/2018).

"Atas nama pribadi dan Pemprov Babel kami turut berduka cita atas hilangnya saudara, teman dan kerabat dalam tragedi ini. Semoga para korban segera ditemukan dan keluarga diberi kekuatan serta ketabahan," kata Erzaldi, seusai menghadiri Sidang Paripurna Istimewa di Pangkalpinang, Selasa (30/10/2018).

Dia mengatakan, ada 48 ASN yang menjadi korban tragedi jatuhnya Lion Air JT 610. Lima di antaranya bertugas di Pemprov Babel, yakni M Syafi'i (staf sekretaris dewan DPRD Babel), Tessa Kausar (notulis rapat DPRD Babel), Dony dan Ariyawan Komardi (staf Dinas Pekerjaan umum), Eryanto (Kasubdit Infrastruktur Wilayah II Bappeda Babel).


Sebagai ungkapan belasungkawa, kami akan berikan santunan dan mengusulkan kenaikan pangkat satu tingkat untuk para korban sebagai tanda jasa terhadap pengabdian mereka yang melaksanakan tugas negara," ujarnya.

Pemprov Babel juga menurunkan lima satgas dari Badan Nasjonal Penanggulangan Bencana (BNPB) dan satu dokter di Rumah Sakit (RS) Polri untuk menangani korban asal Babel.

"Kami sudah menurunkan satgas dan satu dokter yang akan membantu kita mengurus jenazah korban dari Babel. Kepada pemerintah pusat juga kami minta dapat mengembalikan jenazah korban ke Babel meskipun sedikit," ucapnya.

Selain itu, Gubernur Erzaldi Rosman menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Hal tersebut sebagai ungkapan belasungkawa bagi para korban Pesawat Lion Air.

"Saya mengarahkan kepada seluruh kepala perangkat daerah serta instansi lainnya agar mengibarkan bendera setengah tiang," katanya.

Pengibaran bendera setengah tiang, didasarkan Pasal 8 Ayat 2 Undang-Undang No 24/2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. "Ini sebagai ungkapan belasungkawa untuk para korban. Kita pasang bendera setengah tiang selama 3 hari mulai hari ini," tutur Erzaldi.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: