4 Pengedar Sabu di Bungo Ditangkap, 1 di Antaranya Tewas karena Serang Petugas

Budi Utomo ยท Jumat, 06 Maret 2020 - 06:56:00 WIB
4 Pengedar Sabu di Bungo Ditangkap, 1 di Antaranya Tewas karena Serang Petugas
Eki Fernando, pengedar sabu yang tewas ditembak karena menyerang petugas dengan parang. (Foto: iNews/Budi Utomo)

BUNGO, iNews.id – Sebanyak empat bandar sabu-sabu di Bungo, Jambi ditangkap Anggota Sat Narkoba Polres Bungo, Jambi. Satu di antaranya tewas ditembak lantaran menyerang dengan parang.

Para pelaku tersebut yakni Eki Fernando, Faizal Tanjung, Dika Eko Saputra dan Abu Bakar Sidik. Eki Fernando tewas setelah ditembak petugas dan mengenai pelipis mata.

Penangkapan para pelaku bermula dari informasi dari masyarakat yang resah dengan ulah pelaku yang kerap melakukan transaksi sabu di Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo. Dari laporan tersebut, petugas lantas melakukan penyelidikan.

Abu Bakar Sidik dan Dika Eko Saputra, yang juga merupakan target operasi (TO) Sat Narkoba Polres Bungo langsung ditangkap Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 17.00 WIB. Dari tangan keduanya, polisi menyita satu paket narkoba jenis sabu.

Kepada polisi, pelaku mengaku mendapat barang tersebut dari Eki Fernando. Tak mau kehilangan target, polisi lantas mendatangi pondok pelaku di Pulau Jelmu Tebing, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo.

Saat akan disergap, pelaku Eki justru menyerang dengan parang dan mengakibatkan baju petugas robek. Tembakan peringatan yang diberikan, tak diindahkan pelaku sehingga polisi memberi tindakan tegas terukur.

Eki Fernando lantas dibawa ke puskesmas setempat untuk diberikan pertolongan pertama. Sayang, nyawa pelaku tidak tertolong.

Saat menyisir pondok Eki, petugas juga menangkap pelaku Faizal Tanjung, teman pelaku yang sempat melarikan diri dari polisi.

Kapolres Bungo, AKBP Tri Saksono Puspo Aji mengatakan, pelaku merupakan TO Anti Narkoba Seginjai Polres Bungo, Jambi. “Pelaku yang diamankan ada tiga orang,” katanya.

Dari tangan para pelaku, polisi menyita barang bukti sebanyak tiga gram sabu-sabu, satu unit timbangan, lima bungkus plastik kosong dan satu perangkat alat hisap. Sedangkan tiga pelaku kini telah diamankan di Polres Bungo guna penyelidikan lebih lanjut.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: