3 Warga Sikka Keracunan Usai Minum Kopi

Joni Nura ยท Selasa, 06 Maret 2018 - 09:08 WIB
3 Warga Sikka Keracunan Usai Minum Kopi
Sebanyak tiga warga Kabupaten Sikka di Pulau Flores mengalami keracunan pasca minum kopi dan makan biskuit. (Foto: iNews.id/Joni Nura)

MAUMERE, iNews.id - Sebanyak tiga warga Kabupaten Sikka di Pulau Flores mengalami keracunan pasca minum kopi dan makan biskuit. Akibat pusing, mual dan muntah yang berlebih akhirnya ketiga warga tersbeut dilarikan ke Puskesmas Watubain, Kecamatan Talibura 48 kilometer arah timur Kota Maumere.

Beruntung nyawa ketiganya masih bisa diselamatkan dan segera diberikan obat penawar racun oleh pihak puskesmas. Ketiga korban adalah Nabil (9), Uyun Rahmadani (13) dan Mahrun (40) dua di antara nama tersebut merupakan pelajar dan satu lainnya berprofesi sebagai nelayan asal Desa Perumaan, Kecamatan Alok Timur.

Uyun mengatakan, merasa pusing dan mual setelah minum kopi dan makan biskuit. Tak lama kemudian, kata dia, merasa lemas dan mulai muntah-muntah. Adapun kopi yang diminum berjenis tugu buya dan biskuit ubm. Kopi yang dikonsumsi dua anak dan satu orang paman dibuat oleh orang tua anak tersebut.

"Pusing dan mual setelah minum kopi dengan biskuit. Muntah juga. Kopi yang buat mamah," kata Uyun di Puskesmas, Selasa (6/3/2018).

Sementara, pihak keluarga yang menyaksikan kejadian tersbeut segera membawa korban ke Puskesmas Watubaing. Mengingat kondisi ketiganya kian lemah akibat muntah yang terus berlangsung.

Polisi dari Polres Sikka dan Polsek Waigete langsung meluncur ke tempat kejadian dan kemudian bergerak menuju Puskesmas Watubaing untuk mendapatkan keterangan. Namun, Kapolsek Waigete Iptu Siprianus Raja belum bisa memastikan penyebab keracunan.

"Apakah sumbernya dari kopi atau makanan biskuit yang katanya dimakan dengan minum kopi," kata Iptu Siprianus.

Aparat Polres Sikka telah mengamankan barang bukti berupa sisa kopi dan bungkus kopi serta meminta keterangan pada ibu yang membuat kopi beracun tersebut. Biskuit yang dimakan bersamaan dengankopi juga diamankan petugas.

"Warga yang keracunan ada tiga orang setelah minum kopi dan makan biskuit. Setelahnya pusing mual dan muntah. Karena terlalu banyak muntah kondisi melemah dan dibawa ke puskesmas," katanya.


Editor : Azhar Azis