3 Petugas Damkar Terluka saat Padamkan Kebakaran di Balikpapan

Mukmin Azis ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 06:22 WIB
3 Petugas Damkar Terluka saat Padamkan Kebakaran di Balikpapan
Ilustrasi petugas damkar (dok iNews.id)

BALIKPAPAN, iNews.id - Tiga petugas pemadam kebakaran (damkar) terluka saat berjibaku memadamkan kebakaran puluhan rumah di Balikpapan, Kalimantan Timur. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut.

Kebakaran tersebut terjadi di Kampung Pelayaran, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Selatan pada Minggu (2/8/2020) malam jelang dini hari.

Api dengan cepat melalap puluhan rumah di kawasan padat penduduk tersebut.

Sebanyak delapan mobil damkar dari Balikpapan dikerahkan ke lokasi. Namun Upaya pemadaman yang dilakukan petugas damkar terkendala dengan akses jalan yang sempit menuju lokasi, ditambah lokasi pemukiman yang juga berada di perbukitan.

Saat upaya pemadaman dilakukan, tiga orang petugas yang sedang berjibaku memadamkan api terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena terluka dan mengalami sesak napas.

Dari keterangan warga, kebakaran kemungkinan dipicu oleh korsleting listrik salah satu rumah yang dihuni seorang lansia.

"Katanya korsleting listrik dari satu rumah," tutur Ketua RT setempat, Eddie Rashid di lokasi, Senin (3/8/2020).

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Suseno mengatakan, total ada 25 rumah warga yang hangus terbakar. Pemadaman api berhasil dilakukan setelah upaya pemadaman dilakukan oleh petugas.

"Terkait penyebab kebakaran masih penyelidikan polisi. Sementara kerugian yang ditaksir miliaran," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto