3 Nelayan Ditangkap Diduga Pakai Bom Ikan di Taman Nasional Komodo

Yoseph Mario Antognoni · Sabtu, 31 Oktober 2020 - 00:03:00 WIB
3 Nelayan Ditangkap Diduga Pakai Bom Ikan di Taman Nasional Komodo
 Para pelaku saat diamankan di dermaga BTNK Labuan Bajo,  masing-masing dari kiri A (35),  S (23), dan ZA (22). (Foto: iNews/Yoseph Antognoni)

LABUAN BAJO, iNews.id - Tiga nelayan asal Pulau Mesah, NTT diamankan tim patroli gabungan Taman Nasional Komodo (TNK), Jumat (30/10/2020). Ketiga nelayan ditangkap karena diduga memakai bom ikan di wilayah perairan Taman Nasional Komodo.

Perairan TNK selama ini menjadi tempat favorit penyelaman di Karang Makassar, sebelah utara Pulau Komodo.

Ketiga nelayan yang diamankan masing- masing bernisial ZA (22), S (23) dan A (35). Mereka kemudian dibawa ke Pos Penegak Hukum (Gakkum) Kantor KLK di Labuan Bajo sekitar pukul 20.00 WITA. 

Kepala Balai TNK, Lukita Awang mengatakan, petugas masih menyelidiki dengan meminta keterangan kepada terduga pelaku dan tim TNK yang menangkap ketiga nelayan tersebut.

"Sedang dimintai keterangan baik dari pihak yang tertangkap dan pihak yang menangkap. Prosesnya begitu dulu, ini dugaan," ujarnya.

Juragan kapal, A mengakui, melaut menggunakan kapal kayu miliknya dan menggunakan bom ikan. "Hasil ikan akan dijual ke pasar di Labuan Bajo," kata A.

A menuturkan, ia membeli bom ikan dari seseorang di Sape, Nusa Tenggara Barat (NTB)

"Saya tidak buat sendiri (bom ikan), saya beli dari orang di Sape," ujarnya.

Saat melaut, dia membawa dua bom ikan dan sebelum diamankan petugas, ia telah menggunakan satu bom ikan.

Sementara itu, sementara itu, ZA dan S mengaku diajak oleh A untuk melaut dan menggunakan bom ikan. "Kami pertama kali ikut, hanya ikut," kata ZA.

Editor : Kastolani Marzuki