229 Anggota Polda Kepri dari Satgas Kemanusiaan Natuna Jalani Tes Medis usai Bertugas

Sindonews ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 15:13 WIB
229 Anggota Polda Kepri dari Satgas Kemanusiaan Natuna Jalani Tes Medis usai Bertugas
Personel Brimob Polda Kepri yang tergabung dalam Satgas Kemanusiaan Natuna jalani pemeriksaan kesehatan usai bertugas. (Foto/SINDOnews/Dicky Sigit R)

BATAM, iNews.id – Sebanyak 229 personel Satgas Kemanusiaan Natuna 2020 dari jajaran Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengakhiri tugas usai seluruh WNI dari Wuhan selesai menjalani masa observasi di Pulau Natuna, Sabtu (15/2/2020). Mereka juga bersiap kembali ke kesatuan dengan empat kelompok terbang dari Lanud Raden Sadjad Natuna, Minggu (16/2/2020).

Kendati demikian, ratusan personel ini masih akan menjalani tes medis. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan prosedur sebab pasukan tersebut telah berada di Natuna selama 15 hari.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kepri Kombes Pol Moh Rendra Salipu yang memimpin Satgas Kemanusiaan Natuna 2020 mengatakan, selama bertugas personel memberikan sosialisasi mengenai virus korona dan melakukan bakti sosial.

"Jadi kami selama di sana melakukan berbagai kegiatan dan penyuluhan kepada masyarakat," ujar Rendra, Minggu (16/2/2020).

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan sebelum pulang usai dinas ini sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Memang dilakukan pemeriksaan kesehatan dari Dokkes. Ini sudah prosedur tetap," katanya.

Dia memastikan seluruh anggota yang bertugas di Natuna dalam kondisi sehat. Selama di sana, mereka juga mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat.

"Selama di Natuna anggota sehat. Dan yang terpenting respons masyarakat sangat baik. Kami juga sempat memberikan bantuan pada korban banjir," ucapnya.

Adapun, 229 personel yang baru pulang dari Natuna ini mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan dari mulai pemeriksaan tensi, darah, gigi, fisik (suhu tubuh), pemeriksaan TB/BB, virus mata, laboratorium, IKG, Rontgen dan Treadmill khusus yang berusia di atas 41 tahun.

Ke-229 pasukan ini terdiri atas 212 personel Brimob Polda Kepri dan 17 anggota satuan lain. Seperti DitIntelkam (5 personel), Ditreskrimum (5 personel), Bidhumas (2 personel), Ro SDM (2 personel) dan Biddokkes (3 personel).


Editor : Donald Karouw