2 Warga Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Kepahiang, BNPB: Waspadai Angin Kencang

Kastolani · Senin, 12 Juli 2021 - 19:54:00 WIB
2 Warga Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Kepahiang, BNPB: Waspadai Angin Kencang
Dua warga Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, tewas setelah mobil yang mereka tumpangi tertimpa pohon tumbang, Minggu (11/7/2021). (Foto: BNPB)

KEPAHIANG, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan warga mewaspadai angin kencang yang masih berpotensi melanda wilayah di Provinsi Bengkulu. Bencana itu telah mengakibatkan dua warga tewas tertimpa pohon tumbang, Minggu (11/7/2021).

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, Sementara itu, menurut peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hingga Rabu (14/7/2021), hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di Bengkulu.

"Selain Bengkulu, wilayah lain seperti Kepulauan Riau, Lampung, Kalimantan Selatan dan Maluku Utara juga berpotensi terjadi hujan lebat dan angin kencang hingga dua hari ke depan," kata Abdul Muhari dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (12/7/2021).

BNPB mengharapkan agar pemerintah bersama masyarakat di tiap-tiap daerah itu segera melakukan upaya mitigasi. Pemerintah perlu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi cuaca yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

"BNPB juga mengimbau agar seluruh komponen yang ada di daerah memantau perkembangan cuaca dari BMKG dan melihat potensi kerawanan wilayah melalui inaRisk BNPB," kata Abdul Muhari.

Sebelumnya, bencana angin kencang melanda Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Minggu (11/7/2021). Akibatnya, dua warga setempat yang diketahui pasangan suami istri (pasutri) tewas setelah mobil yang mereka tumpangi tertimpa pohon tumbang.

Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang menyebutkan, saat kejadian, kedua korban berada dalam mobil mini bus. Mobil tersebut tiba-tiba ditimpa pohon yang tumbang. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2