2 Kapal Tabrakan di Pelabuhan Merak Banten, Tak Ada Korban Jiwa

Mahesa Apriandi ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 16:34 WIB
2 Kapal Tabrakan di Pelabuhan Merak Banten, Tak Ada Korban Jiwa
Dua kapal bertabrakan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Selasa (23/6/2020). (Foto: iNews/Mahesa Apriandi)

CILEGON, iNews.id – Kecelakaan kapal terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (23/6/2020). Kecelakaan melibatkan KMP Musthika Kencana yang tertabrak KMP Wira Berlian. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. Namun, kondisi kedua kapal menalami kerusakan.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar pada KSOP Kelas I Banten, Hendra Ganefo menjelaskan, kecelakaan kedua kapal itu terjadi sekitar pukul 05.40 WIB di Dermaga II Pelabuhan Merak.

Saat itu KMP Musthika Kencana sedang bongkar muat, tiba-tiba saja ditabrak KMP Wira Berlian yang akan sandar di Dermaga Tiga Pelabuhan Merak.

“Dalam peristiwa ini sudah dilakukan pemeriksaan dan dipastikan kapal dalam keadaan aman untuk berlayar,” katanya.

Adapun kerusakan yang dialami KMP Musthika Kencana yakni lambung sebelah kiri posisi KM VIP mengalami kerusakan. “Satu jendela kapal rusak dan interior kapal juga rusak,” ucapnya.

Akibat kecelakaan itu KSOP Kelas I Banten meminta pihak kapal agar segera melakukan perbaikan supaya kerusakan tidak merembet ke bagian lain.

Sementara itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Selat Sunda selama tiga hari ke depan mulai 23-25 Juni 2020. Tinggi gelombang di perairan Selat Sunda diperkirakan mencapai 2,5 meter-4 meter. Karena itu, aktivitas pelayaran diminta lebih berhati-hati terhadap gelombang tinggi. 


Editor : Kastolani Marzuki