18 Napi Narkoba di Kalbar Divonis Hukuman Mati

Antara ยท Senin, 21 Januari 2019 - 17:21:00 WIB
18 Napi Narkoba di Kalbar Divonis Hukuman Mati
Ilustrasi narapidana. (Foto: AFP)

PONTIANAK, iNews.id – Hukuman atas kasus penyalahgunaan narkoba semakin berat dan tak main-main. Untuk mendukung Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam menciptakan zero narkoba di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar). Kanwil Kenkumham Kalbar menjatuhkan vonis hukuman mati bagi 18 napi narkoba.

"Iya jumlahnya 18 napi yang divonis hukum mati. Selain itu ada 10 napi lainnya yang telah divonis hukuman penjara seumur hidup," ujar Kakanwil Kemenkumham Kalbar Rochadi Imam Santoso di Pontianak, Senin (21/1/2019).

Dia menjelaskan, jumlah tersebut belum termasuk dengan napi kasus narkoba yang divonis hukuman penjara 15 hingga 20 tahun.

"Jadi kami tidak ada ampun bagi para pelaku kasus narkoba. Hukuman ini untuk menekan seminimal mungkin penyalahgunaan narkoba tersebut," ucapnya.

Rochadi mencatat, hingga saat ini tercatat napi kasus narkoba hampir setengah dari jumlah warga binaan dari kasus-kasus tindak pidana lainnya. Jumlahnya sekitar 2.300-an napi dari total sebanyak 5.200-an napi di wilayah Kanwil Kemenkumham Kalbar.

"Ini menunjutkan ancaman bahaya narkoba sangat serius sehingga perlu partisipasi bersama dalam pencegahan dan penanggulangannya. Dampak narkoba ini tidak hanya pada masyarakat saja, tetapi juga merambah ke petugas di Kanwil Kemenkumham Kalbar," katanya.

Bukan tanpa alasan, saat ini ada sedikitnya 10 petugas Kanwil Menkumham Kalbar yang terjerat kasus narkoba. "Kepada mereka yang terlibat tidak ada ampun. Tetap diproses hukum dan dipecat," tuturnya.

Rochadi mengungkapkan, putusan hukum yang berat ini agar tak ada lagi kasus narkoba sebagaimana komitmen bersama Polri dan BNN mewujuadkan zero narkoba. "Kami juga selalu melakukan pembenahan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar. Bagi yang terlibat langsung dipecat," ujarnya.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: