153 Desa di Tangerang Gelar Pilkades Serentak Besok, Ribuan Personel Gabungan Diturunkan

Aimarani ยท Sabtu, 30 November 2019 - 21:32 WIB
153 Desa di Tangerang Gelar Pilkades Serentak Besok, Ribuan Personel Gabungan Diturunkan
Apel pasukan pengamanan menjelang Pilkades Serentak di 153 desa digelar di Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (30/11/2019). (Foto: iNews/Aimarani)

TANGERANG, iNews.id – Sebanyak 153 desa di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak besok, Minggu (1/12/2019). Untuk menjaga keamanan selama penyelenggaraan pilkades, ribuan personel gabungan dari Kepolisian, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) disiagakan.

Ribuan pasukan gabungan ini mulai disebar sejak Sabtu (30/11/2019) ke seluruh penjuru desa yang melaksanakan pilkades. Pasukan disiagakan untuk menjaga ketertiban selama prosesi pilkades di 153 desa dan memastikan prosesi pesta demokrasi di tingkat desa itu berjalan aman dan damai.

“Dari anggota Polri ada 2.692 personel. Kemudian dari Kodim ada beberapa ratus hadir dan dari Satpol PP juga hadir,” kata Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Tangerang Kota AKBP Ade Ary usai apel pasukan di Tangerang, Sabtu (30/11/2019).

 

BACA JUGA: Pilkades Ricuh di Sampang Madura, Brimob dan TNI Turun Tangan Waspadai Carok Massal

 

Ade mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap 153 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak. Sejauh ini, ada potensi titik rawan di wilayah-wilayah tertentu yang harus mendapatkan pengamanan ekstra.

Namun, dia telah memerintahkan para personel untuk tidak membawa senjata api dalam melakukan pengamanan pilkades. “Saya perintahkan kepada rekan-rekan saya tadi untuk tidak membawa senjata api, walaupun pasukan Antianarkis Brimob itu siap, ada 300 orang yang siap jika terjadi situasi yang tidak kita diinginkan,” katanya.

“Kemudian kami perintahkan juga kepada rekan-rekan kami untuk melakukan tindakan-tindakan yang humanis, karena rakyat sedang berpesta,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Empat Prajurit TNI AD Menang Pilkades di Kudus

 

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tangerang Much Maesal Rasyid mengatakan, tahapan demokrasi tingkat kepala desa di 153 desa sudah dimulai dan tinggal pelaksanaan pemilihannya saja besok. Sampai saat ini, situasi menjelang pilkades di Tangerang terpantau aman.

“Sampai saat ini, alhamdulillah atas kerja sama masyarakat, pemerintah desa, pemerintah kecamatan, pemerintah kabupaten, khususnya pak kapolres, pak dandim, situasi aman,” kata Maesal.

Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary menjelaskan kesiapan pasukan gabungan untuk mengamankan Pilkades Serentak di 153 desa di Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (30/11/2019). (Foto: iNews/Aimarani)

 

Pemkab Tangerang berharap pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan aman dan damai besok. Seluruh calon kepada desa dan massa pendukung juga diingatkan supaya bisa menjaga ketertiban dan keamanan. Masyarakat diajak untuk tidak menciderainya dengan aksi-aksi yang melanggar hukum.

“Mudah-mudahan juga pascapilkades, karena ini proses demokrasi, maka semua pihak ini bisa memaklumi, menerima hasilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Maesal.


Editor : Maria Christina