13 Polda dan Kodam Cendrawasih Bantu Pengamanan PON XX dan Pilkada 2020

Antara ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 15:01 WIB
13 Polda dan Kodam Cendrawasih Bantu Pengamanan PON XX dan Pilkada 2020
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan keterangan kepada wartawan terkait penembakan iring-iringan bus PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (13/1/2020). (Foto: iNews/Nathan Making)

JAYAPURA, iNews.id - Sebanyak 13 Polda di Indonesia siap membantu mengamankan gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan PON XX 2020 di Papua. Hal ini diungkapkan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.

"13 Polda siap membantu keamanan untuk pelaksanaan Pilkada dan PON XX, selain itu juga ada kegiatan Pesparawi di Timika di Kabupaten Mimika," kata Paulus di Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (14/2/2020).

Paulus menambahkan, selain mendapat bantuan dari Polda lainnya, Polda Papua juga akan dibackup oleh prajurit TNI di Bumi Cendrawasih.

"Itu tadi baru Polri, belum dari TNI yang akan membantu kami, pasti keamanan terjamin dan Papua aman dalam pelaksanaan PON," imbuhnya.

Lebih lanjut Paulus mengatakan, tim dari Mabes Polri telah datang ke Papua untuk melihat langsung situasi di lapangan.

"Kami sudah surati pimpinan Polri untuk perkuat pengamanan, seberapa pun yang kita inginkan, optimistis akan dibantu perkuatannya," kata dia.

Paulus melanjutkan, untuk Polda Papua sendiri akan menerjunkan 5.000 personel yang diambil dari Polres-Polres dan Brimob di Papua.

"Kita ambil dari kepolisian yang tidak menggelar Pilkada dan PON," kata dia.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menyatakan siap menerjunkan prajuritnya untuk membantu pengamanan Pilkada dan PON di Papua.

"Sudah ada perintah dari Presiden Jokowi agar PON di Papua didukung pengamanannya oleh TNI dan kami siap," kata Herman.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto