100 Mantan Narapidana di Lombok Timur Menerima Bantuan Sapi dari Pemerintah Kabupaten

Ramli Nurawang ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 14:09 WIB
100 Mantan Narapidana di Lombok Timur Menerima Bantuan Sapi dari Pemerintah Kabupaten
Pemberian bantuan sapi kepada 100 narapidana di Lombok Timur, NTB diberikan secara simbolik, Senin (28/10/2019). (Foto: iNews.id/Ramli Nurawang)

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Sebanyak 100 mantan narapidana di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima bantuan masing-masing satu ekor sapi dari pemerintah kabupaten, Senin (28/10/2019). Sapi jenis lokal berkelamin jantan ini diharapkan dapat menopang perekonomian mereka sehingga tidak mengulangi kejahatannya.

Kantor Polres Lombok Timur menjadi saksi pemberian bantuan berupa sapi kepada 100 mantan narapidana. Mereka yang menerima bantuan ini datang dengan memakai pakaian adat Sasak. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolik oleh Kepala Dinas Sosial Lombok Timur, Ahmad dan beberapa pejabat lain.

Mereka yang menerima bantuan berupa sapi ini merupakan mantan narapidana kasus pencurian motor, pencurian dengan kekerasan dan pencurian dengan pemberatan. Dalam penyeleksian, pemerintah kabupaten juga melibatkan kepolisian dan lembaga pemasyarakatan.

Menurut Kepala Dinas Sosial Lombok Timur, Ahmad, anggota kapolsek, aparat desa dan penggiat sosial akan menjadi pengawas bagi pada penerima sapi ini. “Jangan sampai, sapi-sapi ini begitu sampai rumah malah disembelih atau dijual,” katanya.

Dana senilai 1,2 miliar rupiah sengaja digelontorkan oleh pemerintah daerah untuk menyediakan sapi-sapi tersebut. Mereka berharap, sapi ini bisa menopang perekonomian keluarga mantan napi sehingga tidak lagi mengulangi kejahatan serupa.

Ke depan, kegiatan serupa akan tetap dilaksanakan, namun dengan pola yang berbeda. Rencananya akan berupa kelompok usaha bersama.


Editor : Umaya Khusniah